Pemanfaatan Sistem Multimedia
Multimedia dimanfaatkan dalam dunia pendidikan
dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media
yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video,
dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan
konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan
pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan
perasaan realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak
ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat
input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitalizing bau tersebut
melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa
mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis
bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip
dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer,
alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan
berupa cetakan melainkan berupa aroma.
a.
Multimedia
Pembelajaran,
yaitu aplikasi multimedia yang
digunakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan
(pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang pilihan, perasaan,
perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi,
bertujuan dan terkendali
b. Sebagai alat untuk
bersaing perusahaan dan disamping itu sekarang ini multimedia segera menjadi
keterampilan dasar yang sama pentingnya dengan keterampilan membaca.
c. Sebagai link yang
memungkinkan kita menelusuri jagad informasi yang saling terhubung dengan
sangat cepat, setara dengan kecepatan cahaya, karena menggunakan gelombang
elektromagnetik.
d. Sebagai tool yang
ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk meraih keunggulan bersaing
perusahaan karena multimedia lebih menarik indera dan menarik minat.
e. Memberikan kunci kepada
industri komputer untuk mencapai pasar yang belum tersentuh ini, yang akan
menyebabkan ledakan penggunakaan komputer, bahkan multimedia digunakan oleh
perusahaan dunia penyedia material pemasaran kepada dealernya yang akan
mengiklankan di surat kabar, televisi atau di internet.
No comments:
Post a Comment